Mengenal Beragam Jenis Mata Pancing yang Sesuai dengan Beberapa Karakter Ikan

Bagi Anda yang mempunyai hobi memancing atau yang hanya sekedar tertarik untuk melakukan kegiatan yang satu ini, maka bagian terpenting yang harus Anda ketahui adalah alat-alat yang digunakan untuk melakukan kegiatan tersebut. Perlu diketahui bahwa setiap karakter ikan berbeda-beda, terutama setelah melihat adanya umpan di depan mata. Untuk itu, Anda harus mengetahui jenis mata pancing  apa yang paling cocok dengan karakter ikan yang Anda inginkan tersebut, jangan sampai salah dan membuat Anda pulang dengan tangan kosong. Berikut ini adalah jenis-jenisnya yang sesuai dengan karakter ikan tersebut:

  • Tuna Hook atau Big Game Hook

Jenis kail ini dapat digunakan untuk memancing ikan yang mempunyai kebiasaan menyambar umpan di depan mereka. Ikan dengan karakter ini adalah yang memiliki gigi tajam atau yang merupakan ikan predator seperti ikan alu, ikan hiu, tenggiri, kuwe, dan lain sebagainya. Dengan badan yang lurus sampai dengan pangkalnya, maka mereka pun akan langsung tersangkut oleh kail yang satu ini. Selain itu, jenis ini sangat kuat dan tidak akan membiarkan ikan tersebut lepas meskipun memberontak. Jenis ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dengan mencarinya di situs belanja online terpercaya dan toko online terpercaya yang menjual peralatan pancing.

  • Circle Hook

Mata pancing yang satu ini sangat cocok digunakan saat hendak menangkap ikan yang suka merebut umpan dan membawanya lari sehingga mereka tidak tertangkap. Hal ini sangat sering terjadi jika Anda memancing hingga ke dasar dan juga jika menggunakan umpan berupa umpan yang sudah mati. Contoh ikan yang jahil seperti ini adalah ikan pari, ikan merah, dan lain-lain. Dengan mata yang bengkok ke dalam, saat ikan tersebut ingin merebut umpan, maka mereka pun tidak akan bisa kabur lagi, melainkan tersangkut di kail tersebut. Selain itu, jika Anda tidak berencana untuk memakannya, Anda bisa melepaskan kembali ikan tersebut dan tidak membuat mereka mati.

  • Off Set Point

Untuk jenis ini sangat cocok digunakan untuk menangkap ikan yang diam-diam dapat memakan umpan tersebut tanpa bergerak sama sekali dan memakannya di tempat. Jenis ikan ini disebut juga dengan memagut atau nibblers, contohnya adalah ikan duri, ikan kecil-kecil, dan lain sebagainya. Ikan jenis ini memang sangat susah untuk ditangkap ketimbang ikan lainnya. Untuk itu, Anda harus menggunakan kail jenis off set point yang bentuknya lurus dan mendongak kea rah samping. Selain itu, pilihlah kail yang kecil jangan yang besar. Jika Anda sudah merasa ikan tersebut sedang memakan umpan, segeralah sentak agar bisa mendapatkannya.

  • Tangkai Panjang

Kail jenis ini sangat cocok dan pas digunakan untuk menangkap ikan yang mempunyai karakter menghisap saat sedang memakan umpanya. Ikan yang memiliki karakter seperti ini adalah kerapu, dan ikan lainnya yang memiliki gigi serta insang yang tajam sehingga bisa digunakan untuk memotong umpan. Akan sangat lebih baik jika menggunakan kail jenis ini karena ketika akan memakannya, maka kail tersebut juga akan terhisap dan ikan pun akan menyangkut pada kail.

Itulah beberapa jenis mata pancing yang bisa Anda gunakan untuk menangkap ikan dengan karakter tertentu seperti di atas. Dengan mengetahuinya, Anda pun akan lebih mudah dalam memancing serta tingkat mendapatkan ikan pun akan semakin tinggi pula. Kemungkinan ikan lepas juga pasti akan lebih kecil. Anda pun tidak harus pulang dengan tangan yang kosong dan dapat membuat Anda semakin menyukai kegiatan ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*